Figlet and Toilet; Nulis Teks ASCII via Terminal Ubuntu

Figlet and Toilet; Nulis Teks ASCII via Terminal Ubuntu
Sebelumnya, telah kita singgung cara menampilkan gambar seni ASCII pada layar terminal awal dengan tool yang bernama ASCII Art Splash Screen. Tool tersebut secara otomatis menampilkan gambar seni ASCII yang tersedia dari koleksi yang terdapat dalam folder /home. Hanya sayangnya, komputer harus tetap terkoneksi dengan script yang tersimpan di github via internet jika ingin menikmati gambar seni ASCII tersebut.Berikutnya, ini masih tentang seni ASCII yang ingin kita nikmati meskipun di layar utama server Linux atau terminal desktop Linux. Ini juga bagi teman-teman sebetulnya mungkin bukan program yang penting-penting amat. Cuma siapa tahu ada yang berminat agar teman-teman tidak merasa bosan dengan teks editor baik komputer Linux desktop maupun server.

Cara instal figlet and toilet di Linux Ubuntu-1

Bedanya dengan ASCII Art Splash Screen ini ada yang mencolok. Diantaranya program yang ini tetap berjalan meskipun tidak terhubung dengan koneksi internet. Selain itu seni ASCII yang tampil di layar berasal dari konversi apa yang kita ketikan via terminal dengan bantuan tool yang bernama figlet and toilet.

Cara Instal Figlet and Toilet di Ubuntu Desktop

Figlet and Toilet? Sebentar...... teman-teman tidak salah denger yah dengan frasa kata di atas. Denger nama toolnya memang lucu ya? Apapun namanya, berikut ini langkah-langkah untuk memasang program tersebut kedalam sistem operasi Ubuntu.

1. Ketikan di terminal

apt-get install figlet toilet

2. Jika ada pertanyaan:"Do you want to continue? [Y/n]" tekan saja y

Cara instal figlet and toilet di Linux Ubuntu-2
3. Peng-install-an selesai

Untuk mengetahui lebih banyak perintah dari figlet silahkan ketikan perintah

man figlet

Di sana ada banyak opsi ketika menggunakan tool figlet. Pada contoh gambar di atas menggunakan perintah: figlet kata_yang_akan_dikonversi sedangkan pada contoh gambar di bawah ini menggunakan opsi c=center sehingga gambar ditempatkan pas di tengah.

Cara instal figlet and toilet di Linux Ubuntu-3

Begitu juga penggunaan tool toilet yang bisa diakses selengkapnya dengan mengetikan perintah man toilet. 

Sebagai contoh pada gambar di bawah ini menggunakan perintah toilet kata_yang_ingin_ditampilkan_di_layar dan contoh kedua dengan opsi metal.

Cara instal figlet and toilet di Linux Ubuntu-4

Contoh lainnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar