Cara Mengimpor Data Antar Google Sheet yang Beda Filenya

Google Sheets adalah alat spreadsheet online yang sangat populer karena kemudahannya dalam mengelola data dan kemampuannya yang bisa berkolaborasi bersama tim kerja dalam berbagi data, mengubah, memanipulasi serta menggunakannya.

Selain mudah digunakan baik bagi seorang pemula sekalipun, aplikasi milik Google ini ternyata memiliki sifat gratis dan tidak perlu memasangnya karena langsung bisa diakses selama memiliki koneksi internet dengan hanya menggunakan browser.

Dan fitur andalan yang sering digunakan bagi pengguna Google Sheets adalah ketika mengimpor data dari berbagai sumber, seperti file CSV, Excel, atau bahkan dari situs web. Maupun kemampuan impor data antar Google Sheets sendiri meskipun letak data yang diinginkan berada di file yang berbeda.


Cara Impor Data dengan Fitur IMPORTRANGE

Importrange merupakan rumus sakti yang dimiliki oleh Google Sheets. Fitur ini berfungsi untuk mengimpor data dari rentang sel yang berada pada spreadsheet lain. Hal ini sebagaimana dijelaskan secara langsung dalam dokumen Google yang menjelaskan fungsi tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk mengimpor data ke dalam Google Sheets yang diambil dari file Google Spreadsheet lainnya.

1. Buka file sumber data yang ingin kita ambil datanya.

2. Copy url file google spreadsheet yang ingin kita ambil datanya tersebut. Perhatikan juga nama worksheetnya yang didalamnya terdapat data yang ingin kita impor. Pada contoh di bawah ini masih dengan nama worksheet default, yakni: Sheet1.

3. Buka file spreadsheet yang sedang kita kerjakan. File spreadsheet ini akan buat link yang mengarh ke sumber data yang diambil dari file lain.

4. Letakan pada sel yang ingin kita impor datanya.

5. Ketik rumus = IMPORTRANGE kemudian tekan Tab

6. Ketik buka kurung kemudian dua tanda petik, dua titik koma, dua tanda petik dan seterusnya. Perhatikan panduan otomatis dalam menulis sebuah rumus di Google Sheets.

7. Lengkapi sehingga sintaksya terlihat seperti berikut =IMPORTRANGE("";"") kemudian tekan enter.

8. Kembali arahkan kursor ke sel yang berisi rumus tersebut. Kemudian masukan url sumber data dari spreadsheet lain tadi ke dalam dua tanda petik pertama.

9. Sedangkan di dalam tanda petik kedua masukan rentang nilainya. Misalnya Sheet1!B2 jika ingin mengimpor sel B2 saja. 

10. Atau dengan menuliskan Sheet1!B2:B6 jika ingin mengambil data nama dari baris 2 kolom B hingga baris 6 pada kolom B di spreadsheet yang menjadi sumber referensi data tersebut.

11. Setelah tekan enter nanti akan muncul notifikasi, silahkan klik "Allow" untuk mengizinkan.

12. Data yang berasal dari spread lain sekarang sudah bisa terbaca

13. Selesai.


Kesimpulan

Google Sheets adalah alat yang sangat fleksibel dan mendukung berbagai metode impor data dari beragam sumber. Mulai dari file CSV, Excel, halaman web maupun API eksternal, Dan pada contoh di atas kita baru belajar bersama metode impor data dari spreadsheet lain.

Jika cara di atas tidak cukup puas, Google Sheets menyediakan add-on yang tersedia. Anda bisa memanfaatkan beragam fungsi dan add-on tersebut untuk memudahkan pekerjaan analisis data Anda hanya bermodalkan browser yang sudah terpasang di laptop maupun handphone.

Akhir kata, silahkan ikuti langkah-langkah di atas untuk mempelajari impor data secara sederhana melalui spread sheet lain. Dengan cara tersebut Anda sudah mengoptimalkan penggunaan Google Sheets untuk mengelola data dengan mudah dan efisien.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar